Selasa, 23 Maret 2010

Komputer Quantum versus Komputer Modern

Komputer yang saat ini ada merupakan perkembangan teknologi yang dimulai dengan ide dari Charles Babbage (1791-1871) dan kreasi komputer berikutnya oleh Konrad Zuse pada tahun 1941. Dan yang paling mengejutkan kecepatan komputer yang ada pada saat ini tidak berbeda dengan pendahulunya yaitu gargantuan sebuah komputer seberat 30 ton yang terdiri dari 18000 tabung vakum dan kabel sepanjang 500 mil. Meskipun komputer menjadi bentuk yang lebih sederhana dan lebih cepat dalam memproses tugas, pada dasarnya tugas yang dilakukan tetap sama yaitu memanipulasi dan menerjemahkan code bit biner menjadi hasil perhitungan.

Sebuah bit adalah unit fundamental dari sebuah informasi, direpresentasikan dengan 0 atau 1. Contohnya sebuah dokumen yang stringnya disimpan dalam harddisk dalam bentuk 0 atau 1. Inilah yang menjadi perbedaan mendasar antara komputer quantum dan komputer modern. Dimana komputer modern menggunakan hukum fisika klasik dan matematika klasik (seperti konsep mesin turing), komputer quantum menggunakan mekanika quantum untuk melakukan proses pengolahan informasi.


Bits vs Qubits

Komputer modern menggunakan bit sebagai representasi informasi. Bit sendiri bernilai state logik 1 atau 0. Berbeda dengan qubit, qubit sendiri bukanlah sebuah biner melainkan sebuah quaternary (belum ada kata dalam bahasa Indonesia yang merepresentasikan kata ini) di alam. Qubit tidah hanya merepresentasikan state logik 0 atau 1, tetapi juga campuran antara 0 dan 1.

Daftar Pustaka

1. Brookshear, Glen. J. “Theory of Computation : Formal Language, Automata and Complexity”, The Benjamin/Cummings Publishing Company, 1989.

2. Taylor L. Booth (1967), Sequential Machines and Automata Theory, John Wiley and Sons, Inc., New York. Graduate level engineering text; ranges over a wide variety of topics, Chapter IX Turing Machines includes some recursion theory.

3. Marvin Minsky, Computation: Finite and Infinite Machines, Prentice-Hall, Inc., N.J., 1967. See Chapter 8, Section 8.2 “Unsolvability of the Halting Problem.” Excellent, i.e. relatively readable, sometimes funny.

4. www.cs.caltech.edu

5. www.chrisworth.com/technology/quantum_mechanics.html

6. www.wikipedia.org

7. www.qubit.org

Sumber : http://pranotoutomo.wordpress.com/2008/01/06/touring-machine-as-mother-of-modern-computer-versus-quantum-theory-as-father-of-quantum-computer/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar