Sabtu, 20 Maret 2010

mobile computing


Teknologi computer sudah menjadi sebuah kebutuhan yang sangat primer bagi masayarakat saat ini, setiap kegiatan dan aktifitas mulai menggunakan computer untuk membantu dalam menyelesaikan serta memproses suatu tugas-tugas dan permasalahan yang dihadapi. Di zaman yang semua serba terkomputerisasi ini membutuhkan sebuah perangkat-perangkat canggih yang bisa meningkatkan kinerja dari computer itu sendiri.



Teknologi computer mulai merambah ke device-device yang tadinya tidak menggunakan system komputerisasi. Sebut saja handphone, dulu handphone digunakan hanya untuk melakukan panggilan dan mengirim pesan saja, namun seiring perkembangan zaman dan ditemukannya teknologi-teknologi baru yang memungkinkan kegiatan komputerisasi dibenamkan dalam perangkat yang berukuran mini seperti handphone, dan bukan hal baru bahwa sebuah handphone saat ini memiliki sebuah processor, ram dan storage layaknya sebuah computer, bahkan dalam perangkat ini terinstal sebuah system operasi yang memungkinkan user dapat menambahkan aplikasi-aplikasi yang beredar dipasaran sesuai kebutuhan.

Harga yang ditawarkan untuk sebuah handphone yang dapat melakukan sebuah proses komputerisasi pun kini dapat dijangkau masyarakat kelas bawah. Sebut saja sebuah handphone dengan fitur seperti bersistem operasi multi tasking (dapat menjalankan lebih dari satu aplikasi), memiliki media penyimpanan, dapat memutar file-file multi media dan sebagainya hanya dihargai kisaran harga dibawah 1 juta Rupiah. Bahkan belakangan ini telah mulai dipasarkan handphone-handphone mutahir yang untuk prosesornya saja sudah setara dengan computer yang sesungguhnya dan memiliki fungsi yang sama persis dengan computer terbaru saat ini. Tentu saja harga yang ditawarkan pun berbeda. Bukan hal baru para produsen handphone berlomba-lomba dalam menciptakan perangkat yang teknologinya sudah diatas rata-rata, bahkan para pemain baru di bidang perangkat mobile pun mulai ikut dalam persaingan teknologi mobile ini.

Tidak hanya pihak produsen handphone yang ikut terjun dalam pengembangan aplikasi mobile, pihak ketiga pun tidak mau kalah dalam membuat sebuah aplikasi-aplikasi yang nantinya bisa diinstalkan dalam perangkat mobile ini. Membuat sebuah aplikasi mobile tidaklah sesulit yang dibayangkan, sebut saja membuat sebuah aplikasi mobile berbasis java, kebanyakan handphone saat ini telah memiliki platform java, sehingga semua aplikasi yang berbasis java mobile bisa diinstal ke dalam perangkat mobile. Banyaknya tutorial dan pengajaran mengenai pembuatan sebuah aplikasi handphone berbasis java dapat ditemukan dengan mudah di internet dan buku-buku yang beredar, bahkan orang yang berlatar belakang bukan dari dunia computer pun bisa membuat aplikasi mobile. Maka dari itu dengan kemudahan yang kita miliki saat ini harus kita manfaatkannya dengan sebaik mungkin, karena sudah terbukti bahwa perkembangan teknologi mobile computing dimasa depan akan semakin potensial dibandingkan dengan teknolog computer konvensional.

1 komentar: