Selasa, 23 Maret 2010

Protokol Internet

 TCP/IP

TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite). Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini. Data tersebut diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak (software) di sistem operasi. Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stack Setiap lapisan yang dimiliki oleh kumpulan protokol (protocol suite) TCP/IP diasosiasikan dengan protokolnya masing-masing. Protokol utama dalam protokol TCP/IP adalah sebagai berikut:
Protokol lapisan aplikasi: bertanggung jawab untuk menyediakan akses kepada aplikasi terhadap layanan jaringan TCP/IP. Protokol ini mencakup protokol Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP), Domain Name System (DNS), Hypertext Transfer Protocol (HTTP), File Transfer Protocol (FTP), Telnet, Simple Mail Transfer Protocol (SMTP), Simple Network Management Protocol (SNMP), dan masih banyak protokol lainnya. Dalam beberapa implementasi stack protokol, seperti halnya Microsoft TCP/IP, protokol-protokol lapisan aplikasi berinteraksi dengan menggunakan antarmuka Windows Sockets (Winsock) atau NetBIOS over TCP/IP (NetBT).
Protokol lapisan antar-host: berguna untuk membuat komunikasi menggunakan sesi koneksi yang bersifat connection-oriented atau broadcast yang bersifat connectionless. Protokol dalam lapisan ini adalah Transmission Control Protocol (TCP) dan User Datagram Protocol (UDP).
Protokol lapisan internetwork: bertanggung jawab untuk melakukan pemetaan (routing) dan enkapsulasi paket-paket data jaringan menjadi paket-paket IP. Protokol yang bekerja dalam lapisan ini adalah Internet Protocol (IP), Address Resolution Protocol (ARP), Internet Control Message Protocol (ICMP), dan Internet Group Management Protocol (IGMP).
Protokol lapisan antarmuka jaringan: bertanggung jawab untuk meletakkan frame-frame jaringan di atas media jaringan yang digunakan. TCP/IP dapat bekerja dengan banyak teknologi transport, mulai dari teknologi transport dalam LAN (seperti halnya Ethernet dan Token Ring), MAN dan WAN (seperti halnya dial-up modem yang berjalan di atas Public Switched Telephone Network (PSTN), Integrated Services Digital Network (ISDN), serta Asynchronous Transfer Mode (ATM)).

Contoh Penggunaannya :
Jaringan komputer di amatir radio mempunyai IP address kelas yang mempunyai address [44.xx.xx.xx]. Khusus untuk amatir radio di Indonesia IP address yang digunakan adalah [44.132.xx.xx]. Sedangkan penulis di Canada mempunyai IP address [44.135.84.22]

 FTP
FTP singkatan dari File Transfer Protocol. Yaitu sebuah protokol –tata cara komunikasi di jaringan komputer– untuk mengirimkan/menerima file dari sebuah komputer ke komputer lain.

FTP dipakai untuk men-transfer/upload file dokumen web berupa html, gambar, video, script, dsb dari komputer lokal ke sebuah server web hosting.

Untuk melakukan transfer dengan FTP, diperlukan FTP client atau biasa disebut software FTP

Contoh penggunaannya :

mengupload file ke server web hosting

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
Protokol standar yang digunakan untuk mengirimkan email ke sebuah server di jaringan internet. Untuk keperluan pengambilan email, digunakan protokol POP.

Diguanakan Untuk mengirim Email ke sebuah server.



 Mime
MIME adalah standar untuk mengirim multipart, multimedia data melalui email di Internet. Data bisa berupa data biner, ASCII atau bukan ASCII. MIME digunakan untuk mendeskripsikan isi file sehingga software client dapat mengetahui perbedaan antara data.
Contoh : text/html, text/css, image/gif, video/mpeg, application/zip.

 SMTP
merupakan salah satu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik di Internet. Protokol ini dipergunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima.
Protokol ini timbul karena desain sistem surat elektronik yang mengharuskan adanya server surat elektronik yang menampung sementara sampai surat elektronik diambil oleh penerima yang berhak

 HTTP
HyperText Transfer Protocol - protokol yang memungkinkan bermacam-macam komputer yang saling berkomunikasi dengan menggunakan bahasa HTML.

 HTML
HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language, HTML tidak tergolong kedalam sebuah bahasa pemrograman, HTML lebih dikenal sebagai bahasa markup yang terdiri dari serangkaian tag markup yang mampu menggambarkan sebuah halaman web.

XHTML
XHTML adalah pada dasarnya gabungan dari HTML (didesain untuk menampilkan data) dan XML (didesain untuk menjelaskan data). XHTML adalah tambahan HTML, ini sangat mirip dengan HTML4.01 dan ini seharusnya untuk mengganti HTML. XHTML lebih “bersih” dibanding HTML dan juga sebuah bahasa mark-up yang disiplin. XHTML adalah sebuah aplikasi dari XML (Extensible Mark-up Languange). XHTML direkomendasikan oleh W2C pada january 2000.

Alasan utama adalah HTML kurang bagus! HTML terlalu flexibel, anda dapat menulis code yang tidak benar dan mungkin akan ditampilkan dengan benar, tetapi tidak pada semua browser! dan kita dalam situasi yang tidak diduga pada sebuah prosentase yang paling besar dari web site adalah berisi kode yang buruk! kita juga dalam zaman dimana beberapa orang menggunakan PDA dan mobile phone untuk surfing www, beberapa type dari browser tidak dapat mengerti kode yang buruk. XHTML bermaksud untuk memberikan beberapa solusi dari masalah seperti ini karena ini disiplin dan bersih!

Perbedaan dengan XHTML dan HTML
1. Semua XHTML elements harus dengan penutup
2. Nama Tag HARUS menggunakan huruf kecil
3. Element XHTML HARUS sebaiknya besarang < > .
4. Document XHTML HARUS dalam bentuk yang bagus.

 Mathhml
MathML adalah markup bahasa untuk matematika, dan ini disebut sebuah aplikasi dari XML. Dengan memberikan konsep 'mark' ini atau instruksi semantik, maka pamahaman sebuah informasi semakin mudah. Misalkan catalog komponen komputer, akan dibagi menjadi karakteristik dasar, karakteristik ikutan, contoh aplikasi, dan sebagainya.


<3 XML
suatu bahasa Markup, yaitu bahasa yang berisikan kode-kode berupa tanda-tanda tertentu dengan aturan tertentu untuk memformat dokumen teks dengan tag sendiri agar dapat dimengerti. XML menyediakan format untuk mendeskripsikan data terstruktur. XML menyebabkan isi data mudah dimengerti dan memungkinkan pendefinisian kumpulan tag yang tidak terbatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar