Kamis, 15 April 2010

perkembangan teknologi prosesor dari masa ke masa

Berbicara mengenai komputer pasti tidaklah terlepas dari suatu hal yang dinamakan dengan sistem operasi, banyak dari kita yang tidak mengetahui apa itu sistem operasi dalam sebuah komputer, padahal sistem operasi merupakan elemen terpenting dalam sistem komputer, sebelum lebih jauh ke pembahasan ada baiknya kita mengetahui apa itu pengertian sistem operasi yang sering kita gunakan selama ini, sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi.

perkembangan sistem operasi dari masa ke masa memiliki karakteristik yang berbeda-beda, dan juga bervariasi tergantung sistem operasi yang digunakan, karena kita ketahui saat ini telah banyak sistem operasi, baik yang berupa konsol atau pun berbasis grafik.

Sistem operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:

1. Keluarga Microsoft Windows - yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014)).
2. Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
3. Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard).

Sedangkan komputer Mainframe, dan Super komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dll.

setiap sistem operasi memiliki cara kerja yang berbeda-beda, begitu pula dengan aplikasi yang dijalankan dalam suatu sistem operasi tidak sama dengan sistem operasi lainnya, sebut saja aplikasi yang dijalankan di windows tidak bisa langsung dijalankan di sistem operasi berbasis linux atau mac. setiap sistem operasi juga memiliki sistem hardware yang berbeda-beda ttergantung kebutuhan, misalkan sistem operasi windows seven pastilah tidak bisa dijalankan pada sistem yang memiliki spesifikasi hardware rendah.

pada masa sekarang sistem operasi berlomba-lomba untuk memberikan tampilan dan performa yang terlihat sangat baik, terutama dalam hal tampilan atau desktop pasti lebih diutamakan untuk menarik user dalam memilih sistem operasi, dan saat ini pun telah tersedia berbagai sistem operasi dari yang berbayar sampai yang gratis.

referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasisetiap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar